Dosa kah bekerja di bank konvensional ?

Kholis MuhaiminPosted by

Babo, ada beberapa teman saya yang sadar dan akhirnya berhenti kerja di bank konvensional”
” Kenapa?
” Ya kan bank konvensional menerapkan sistem riba. Riba kan dosa besar Babo.
” Oh itu. ”
” Ya”
” Sekarang babo tanya, apakah pakai uang rupiah itu halal atau haram ?
” Ya halal”
” Kenapa ?
” Ya kan engga ada utang piutang yang berbunga.”
” Kamu tahu , setiap uang yang kamu pegang itu adalah bukti kamu berhutang dan bukti kamu bayar bunga.”
” Loh kok gitu. ?
” Nilai uang kita dijamin oleh neraca keuangan negara. Didalam neraca itu ada aktiva dan juga ada pasiva. Disisi pasiva itulah ada hutang dan juga ada bunga”
” Tapi saya engga pernah bayar bunga”
” By sistem kamu membayarnya dengan kenaikan harga barang dan penurunan nilai uang. Apakah kamu pernah dengar harga barang turun ?
” Ya. Naik terus ”
” Kenapa harus gunakan sistem mata uang seperti itu? Kan bisa gunakan emas?
” Karena pertumbuhan manusia dan peradaban lebih cepat daripada kebutuhan barang dan jasa. Kalau masih menggunakan emas , maka manusia akan kesulitan memenuhi kebutuhannya.”
” Jadi terpaksa manusia harus menggunakan sistem mata uang ini agar keseimbangan pertumbuhan dan kebutuhan tercapai.”
” Bukan terpaksa tapi itulah rahasia kehebatan Tuhan yang maha pengatur yang sedemikian rupa akal manusia bisa menciptakan sistem yang menjawab setiap perubahan zaman”
” Kan engga adil, Babo
” Justru disitulah letak keadilan Tuhan.”
” Mengapa?
” Karena setiap orang pegang uang entah dari mana asalnya pasti juga ada yang engga dapat uang, makanya tanpa disadari by sistem negara membebankan kepada setiap orang yang pegang uang untuk membantu meraka yang engga dapat uang. Jadi uang itu adalah lambang hak dan juga kewajiban. Adil kan”
” Luar biasa ya, kekuasaan Tuhan.”
” Kalau mata uang itu haram maka semua lembaga keuangan juga haram termasuk bank Syariah, dan tidak akan ada kehidupan modern seperi sekarang yang bisa kirim orang ke ruang angkasa. Paham?
” Paham Babo. Jadi kalau orang bilang sistem perbankan konvensional itu haram , itu lebih karena keterbatasan wawasan dan pengetahuan akan uang”
” Ya.”
” Tapi mengapa bank Syariah harus diadakan ?
” Bank syariah diadakan bukan berarti bank konvensional tidak halal. Tapi sebagai pilihan saja. Mau sistem bagi hasil ya silahkan. Mau cara bunga atas dasar akad ya silahkan. Tapi intinya baik bank Syariah maupun bank konvensional punya prinsip yang sama, yaitu dasarnya adalah akad suka sama suka. Tidak ada pemaksaan. Yang pasti Tuhan larang itu adalah apabila ada unsur pemaksaan dan zolim. Selagi suka sama suka, dan semua senang ya Happy aja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *